5 RESEP MAKANAN INDONESIA DENGAN KANDUNGAN NUTRISI DAN GIZI YANG MELIMPAH

5 resep makanan indonesia memang banyak dicari oleh banyak orang saat ini. Apalagi bagi mereka yang memang ingin mencoba memasak makanan indonesia yang khas dan unik. Hanya karena beberapa resep makanan indonesia mengandung bumbu yang pekat. Beberapa orang langsung berprasangka negatif dengan mengatakan masakan itu tak baik untuk dimakan. Padahal ada beberapa makanan yang memang mengandung nutrisi yang cukup baik. Sudah banyak orang yang tahu bahwa masakan indonesia memang cukup melimpah dengan berbagai macam bumbu yang kental. Sehingga membuat penampilan mereka terlihat seperti sesuatu yang cukup mengancam kesehatan.

Namun kembali lagi, serasa aneh dan tidak adil jika hanya melihat dari sekelumit info yang didapat. Padahal ada banyak makanan indonesia yang memang cukup lezat dan sehat untuk tubuh. Terutama masakan indonesia yang terbuat dari sayur atau buah – buahan. Sehingga tidak hanya enak, namun resep – resep tersebut juga sangat pas dan cocok untuk semua kalangan. Baik anak – anak, remaja hingga orang dewasa. Bila anda penasaran, tentang resep masakan Indonesia apa saja yang sehat untuk tubuh.

Berikut 5 resep makanan indonesia yang enak dan menyehatkan tubuh;

  1. Gado – Gado

Makanan yang satu ini sudah pasti dikenal hampir semua orang di indonesia. Resep makanan yang satu ini termasuk sangat mudah. Gado – gado memang menjadi makanan yang berasal dari jakarta. Kata gado – gado ini diambil dari kata di gado yang berarti dimakan tanpa nasi. Karena alasan ini juga mengapa gado – gado ini sering dimakan dengan lontong. Berikut resep makanan indonesia yang sudah menjadi selera nasional. Kandungan gizi yang terdapat pada makanan ini sangatlah beragam. Seperti sayuran kentang tersebut yang berguna untuk proses regenerasi. sedangkan untuk bumbunya mengandung vitamin C yang terdapat pada cabe dan tomat.

Bahan-Bahan:

 

Sayuran.

Kentang 500 gram potong kecil-kecil lalu di rebus.

Ketimun 1 batang kupas tipis.

Tauge 200 gram lalu direbus.

Telur ayam rebus.

Kacang panjang, potong sepanjang 2 cm.

Tomat 1 buah, iris menjadi 5 bagian.

Daun Selada dicuci bersih

Kacang tanah sebanyak 300 gram. Bersihkan kulitnya lalu kacang digoreng.

Cabai merah 4 buah.

Bawang putih 6 siung.

Kencur sekitar 6 cm.

Terasi secukupnya.

Asam Jawa secukupnya.

Garam 1 sdm.

Daun jeruk.

Gula merah sebanyak 3 sdm.

 

Cara Memasak:

  • Langkah pertama anda harus haluskan kacang tanah, bawang putih, terasi, daun jeruk, dan gula merah. Jangan lupa tambahkan air agar tidak terasa terlalu kental. Tambahkan cabai bila suka masakan pedas.
  • Setelah itu, Anda bisa menyiapkan sayuran untuk dimakan bersama gado-gado di tempat piring yang berbeda.
  • Jika sudah siap, siramkan saus tadi ke atas sayuran dan tambahkan kerupuk sebagai pelengkapannya.

 

  1. Sop Tomat Khas Jawa timur

Bagi anda yang menyukai makanan indonesia. Jangan lupa untuk mencoba resep makanan jawa pada bagian timur. Dimana makanan ini disebut Sop Tomat khas jawa timur yang enak dan mudah untuk membuatnya. Kandungan yang terdapat pada makanan ini adalah vitamin A dan lycopene yang ada pada tomat. Sedangkan pada buncis dan wortel terdapat kandungan beta karoten yang berfungsi untuk menangkal penyakit jantung. Berikut resep makanan sop tomat khas jawa timur tersebut.

Bahan-Bahan:

Tomat sebanyak 4 buah. Setelah direbus, bersihkan kulit dan bijinya lalu dihaluskan.

Wortel 1 buah, potong kecil-kecil.

Gula pasir 1 sendok teh.

Merica bubuk secukupnya.

Kecap manis 1 sendok makan.

Saus tomat 85 gram.

Air kaldu ayam 1850 milliliter.

Bawang merah sebanyak 5 siung.

Ayam tanpa tulang, potong dadu kecil-kecil.

Buncis 80 gram, potong kira-kira sepanjang 1-2 cm.

Minyak goreng.

Garam 1 sendok makan.

 

Cara Membuat:

  • Pertama, panaskan minyak setelah itu tumis bawang merah.
  • Kedua, Setelah harum, masukan kaldu ayam dan tunggu sampai mendidih
  • Ketiga, Masukan bumbu-bumbu seperti merica, garam, gula pasir, kecap manis, saos tomat, dan kecap. Aduk-aduk sampai mendidih.
  • Ketiga, masukan buncis, wortel, dan ayam. Jangan lupa untuk aduk sebentar hingga tercampur lalu biarkan sampai mendidih. Setelah itu baru Sop tomat pun siap disantap.

 

  1. Jamur Crispy

Jika anda saat ini tengah bosan dengan camilan kentang goreng. Anda bisa mencoba berbagai jenis alternatif lain seperti masakan jamur. Jamur ini bisa anda buat menjadi resep masakan nusantara yang cukup mudah dan praktis. Dimana sangat enak untuk dimakan di rumah. Jamur crispy menjadi pilihan yang paling jitu untuk camilan yang gurih namun sehat. Membuat masakan ini tidaklah sulit bahkan waktu yang digunakan memang tidak terlalu lama. Kandungan yang terdapat pada jamur ini adalah zat besi. Dimana zat besi ini sangat baik untuk sel darah mewah. Selain zat besi makanan ini juga mengandung vitamin C yang berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh.

 

Bahan-bahan:

Bawang putih 3 siung.

Gula pasir.

Lada bubuk.

Minyak goreng.

Jamur tiram 500 gram, diiris tipis-tipis.

Tepung Crispy.

Tepung Maizena

Garam secukupnya.

 

Cara Membuat:

  • Pertama, Cuci jamur sampai bersih. Campurkan garam, bawang putih, gula pasir dan lada bubuk jadi satu.
  • Kedua, Campur tepung maizena dengan air dingin. Masukan bumbu-bumbu masakan tadi. Lalu balurkan pada jamur.
  • Selanjutnya, lapisi jamur dengan tepung Crispy dan jamur siap digoreng. Resep masakan nusantara ini pun siap dihidangkan.

 

  1. Penyet tempe

Jika anda bosan dengan masakan khas western, maka anda bisa mencoba resep makanan indonesia. Sajian makanan ini cukup sederhana, praktis namun sangat nikmat luar biasa. Kandungan yang terdapat pada makanan yang satu ini berupa protein nabati yang sangat baik untuk memperbaiki sel -sel tubuh yang rusak. Mengandung anti oksidan sehingga bisa menjadi penangkal radikal bebas dari polusi.

 

Bahan-bahan:

Bawang putih 5 siung.

Cabe merah 5 buah.

Tempe.

Gula dan garam.

 

Cara Membuat:

  • Pertama, Iris tipis-tipis tempe dan goreng setengah matang. Tiriskan sejenak.
  • Kedua, Goreng bawang dan cabai sampai halus. Apabila suka, bisa ditambahkan terasi kedalamnya.
  • Ketiga, untuk membuat sambal, campur bawang dan cabe tadi dengan gula dan garam. Resep masakan Indonesia ini bersifat relatif. Artinya, Anda bisa mengatur pedas dan gurihnya sesuai selera. Sajikan dengan nasi putih yang masih hangat.

 

  1. Kerang terapung crispy

Banyak orang yang beranggapan bawah kerang hanya bisa dimasak dengan kuah saja. Namun ternyata kerang juga bisa anda jadikan sebagai makanan crispy.  Masakan Indonesia yang satu ini merupakan makanan yang sangat mudah dan cukup praktis untuk dibuat. Kandungan gizi yang terdapat pada makanan yang satu ini sangatlah baik. Yakni ada zat Zync yang dapat anda gunakan sebagai penangkal kuman dan microba yang mampu mengganggu kesehatan tubuh.

 

Bahan-Bahan:

Kerang.

Tepung maizena.

Tepung Crispy.

Telur.

Lada Bubuk.

Gula, garam dan penyedap rasa.

 

Cara membuat:

 

  • Pertama, Cuci kerang terlebih dahulu dengan air garam/air lemon. Diamkan sebentar lalu bilas dengan air. Cara ini dapat menghilangkan bau amis.
  • Kedua, Campurkan tepung maizena dengan gula, garam, penyedap rasa dan lada bubuk. Tambahkan air dingin dan masukan kerang ke dalamnya.
  • Ketiga, setelah terbalut sempurna, angkat kerang. Campur dengan tepung Crispy kering sampai merata, kerang pun siap digoreng.

Semoga ulasan diatas bermanfaat dan terima kasih sudah mengunjungi situs kami.