BUAH DAN SAYUR

BUAH DAN SAYUR

Buah dan sayur sangatlah bermanfaat bagi organ tubuh manusia. Buah dan sayur memiliki macam dan fungsi masing-masing. Nutrisi yang terkandung pun tidak main-main. Kamu yang sudah terbiasa dengan memakan buah dan sayur setiap hari, itu akan berefek di masa tua. Selain menyehatkan, buah dan sayur bisa membuat awet muda seseorang. Nah, buah dan sayur memiliki protein, serat, vitamin, mineral, kalsium dan masih banyak lainnya. Serat adalah zat gizi yang terkandung di dalam tumbuhan yang berfungsi untuk menurunkan berat badan, mengendalikan gula darah, memelihara kesehatan usus, melancarkan buang air besar dan fungsi lainnya. Kamu dapat mendapatkan segudang nutrisi yang terkandung di dalam buah dan sayur terutama serat. 

Buah Dan Sayur Yang Tinggi Serat

Serat di dalam buah dan sayur tentunya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Pastinya kamu berpikir mana sayur dan buah yang memiliki tinggi serat?. Nah, sayur dan buah yang memiliki banyak serat pastinya masih segar dan belum layu atau busuk. Tahukah kamu?, orang yang kurang mengkonsumsi serat dapat menyebabkan kegemukan. Tidak hanya itu, kamu juga akan terkena penyakit-penyakit lainnya. Nah jika tidak ingin mempunyai penyakit kamu juga harus banyak mengonsumsi buah dan sayur tentunya juga menyehatkan tubuh. Inilah beberapa buah dan sayur yang memiliki tinggi serat:

  • Wortel

Selain memiliki vitamin A, yang berfungsi sebagai menyehatkan mata. Wortel juga mempunyai serat sekitar 4 gram per 100 gramnya. Sangat tinggi serat bukan. Serat pada wortel berfungsi untuk mencegah perkembangan diabetes. 

  • Bayam 

Sayur berwarna hijau biasanya memiliki kadar serat yang tinggi. Seperti bayam ini, kandungan seratnya sekitar 2,8 gram per 100 gramnya. Serat di bayam bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan mencegah pembentukan plak di pembuluh darah seorang manusia. Nah, maka dari itu kita harus banyak mengkonsumsi bayam untuk kesehatan tubuh kita.

  • Brokoli

Sedikit orang tidak menyukai sayuran hijau ini. Padahal brokoli mempunyai serat sebanyak 0,6 gram per 100 gram nya. Yang berfungsi untuk menurunkan badan. Ini tentunya sangat bermanfaat bagi kamu yang sedang melakukan diet. 

  • Alpukat

Buah ini biasanya banyak dijadikan jus oleh orang-orang karena rasanya yang enak. Alpukat mengandung serat sekitar 10 gram per buah utuhnya. Serat yang tinggi ini sangat mencukupi kebutuhan serat untuk tubuh. Yang berfungsi untuk melancarkan pencernaan dan mengurangi resiko terkena kanker. Memakan alpukat juga bisa membuat perut tidak cepat lapar. 

  • Apel

Siapakah yang tidak suka apel? Tentu banyak orang menyukai apel. Selain banyak memiliki kadar air yang banyak di dalamnya, apel juga memiliki serat yaitu sekitar 3,1 gram per buahnya. Serat pada apel ini memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol darah. 

  • Pepaya

Buah ini mungkin banyak yang tidak menyukainya. Karena bau atau tekstur dari pepaya tersebut. Akan tetapi buah ini sangat banyak memiliki manfaat di dalamnya. Nah, kandungan serta pada pepaya sekitar 1 gram per 100 gram buahnya. Yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan melancarkan pencernaan. 

Nah, itulah beberapa buah dan sayur yang memiliki banyak serat. Tentunya untuk kamu yang ingin hidup sehat, kamu tidak hanya mengonsumsi buah dan sayur. Kamu bisa memakan daging, ayam, telur dan minum susu dengan olahan yang sehat. Selain itu olahraga yang rutin dapat menyehatkan tubuh. Hidup sehat tentunya sangat bermanfaat untuk tubuh dan masa tua.