Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Memilih Digital Marketing Channel

digital-marketing-agency

Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Memilih Digital Marketing Channel

Hampir sebagian besar perusahaan start up sampai perusahaan besar memanfaatkan digital marketing untuk menjaring lebih banyak calon konsumen. Di Indonesia sendiri jumlah pengguna media social dan yang mengakses internet bisa puluhan juta orang setiap harinya. Melewatkan kesempatan mendapatkan lebih banyak pelanggan potensial tentu akan membuat rugi bukan? Bayangkan jika setiap harinya brand Anda bisa mendapatkan keuntungan puluhan juta setiap hari. Bukan hanya membuat bisnis menjadi untung saja, namun juga bisa memakmurkan karyawan yang sudah bekerja dengan Anda tentunya.

Perhatikan Hal ini Saat Memilih Channel Digital Marketing

Untuk Anda yang memiliki tim digital marketing, tentu tidak akan merasa kesulitan untuk melakukan promosi ini. Lain hal dengan brand atau perusahaan baru, pastinya membutuhkan tim yang bisa menghandle. Namun ternyata karyawan yang bekerja masih kurang dalam hal digital marketing. Maka salah satu cara yang bisa dilakukan adalah bekerja sama dengan digital marketing agency. Sebelum Anda memutuskan untuk terjun ke dunia digital marketing. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan terlebih dahulu. Diantaranya seperti berikut ini.

  1. Siapa Target Market Bisnis?

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika ingin menentukan digital marketing channel adalah mencari tahu siapa target market. Oleh karena itulah, Anda harus melihat customer base terkini. Sangat penting bagi Anda untuk melihat target market dari segi demografi. Misalnya usia, jenis kelamin, sampai latar belakang social dan pendidikan. Juga bisa melihat dari sisi psikologis calon konsumen pun juga sangat penting. Seperti hobi, gaya hidup dan kebiasaan. Juga tidak ada salahnya melihat kompetitor untuk perbandingan.

  1. Menentukan Tujuan Utama Bisnis

Jika sudah menemukan target market, selanjutnya adalah merefleksikan apa yang sudah menjadi tujuan bisnis menggunakan digital marketing. Setidaknya ada empat hal yang menjadi tujuan bisnis menggunakan digital marketing. Yakni brand awareness, edukasi calon konsumen, raw traffic, dan penjualan. Brand awareness dipakai jika kondisi pasar kurang atau tidak familiar dengan produk. Edukasi adalah untuk menyadarkan jika konsumen tahu masalah apa yang terjadi dan produk Anda menawarkan solusinya. Untuk raw traffic adalah menghasilkan uang dari iklan lewat digital marketing.

  1. Memperhatikan Alokasi Anggaran

Semua promosi memang membutuhkan anggaran, termasuk promosi lewat online. Oleh sebab itulah, pastikan untuk membuat anggaran untuk digital marketing terlebih dahulu. Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan jika ingin membuat alokasi anggaran digital marketing ini. Yakni mulai dari advertising, pembuatan konten, dan biaya lainnya.

  1. Memilih Channel yang Tepat

Jika ketiga poin diatas usdah dipenuhi. Maka saatnya untuk memilih channel mana yang akan digunakan untuk pemasaran online. Dalam pemilihan channel ini tentunya harus disesuaikan dengan target pasar dan tujuan bisnis dari brand itu sendiri. Anda bisa membuat website supaya brand menjadi semakin kredibel. Jua penting membangun sebuah kampanye lewat media sosial. Misalnya Facebook, Instagram, TikTok, atau YouTube. Platform tersebut sedang hype dan jumlah pengguna aktif tidak sedikit, jadi cukup potensial untuk menggaet lebih banyak calon konsumen potensial.

  1. Sumber Daya Manusia

Terakhir adalah memperhatikan sumber daya manusia yang mengelola digital marketing maupun SDM seperti sarana dan prasarana. Orang yang sudah handal dalam digital marketing tentunya akan membantu Anda mendapatkan traffic dan konversi lebih banyak. Lain hal dengan yang masih baru dan coba-coba terjun ke dunia digital marketing. Bukannya membuat Anda untung, tapi malah buntung. Oleh sebab itulah sangat penting untuk mempertimbangkan SDM ini.