INILAH MANFAAT DARI MENGKONSUMSI DAUN KEMANGI 

INILAH MANFAAT DARI MENGKONSUMSI DAUN KEMANGI 

INILAH MANFAAT DARI MENGKONSUMSI DAUN KEMANGI 

Daun kemangi merupakan salah satu tanaman yang kerap dijadikan pelengkap dalam masakan dan makanan. Daun kemangi termasuk tanaman yang masih sejenis dengan daun mint dan memiliki aroma yang wangi dan khas. Namun tak sedikit orang yang tidak suka dengan daun kemangi karena aroma yang dimilikinya tersebut. Daun kemangi biasanya dijadikan sebagai bumbu penyedap yang membuat masakan menjadi lebih harum. Selain itu daun kemangi juga bisa dimakan dalam keadaan mentah sebagai lalapan untuk makan. Namun tahukah kamu selain sebagai bumbu masakan, ternyata daun kemangi memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Untuk itu daun kemangi juga sering digunakan sebagai obat herbal. 

Tak hanya memiliki manfaat untuk kesehatan, ternyata daun kemangi juga bermanfaat untuk kecantikan. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi daun kemangi. Berikut ini ada beberapa manfaat daun kemangi yang bisa kamu ketahui, adapun diantaranya yaitu:

  • Manfaat daun kemangi untuk mengatasi bau mulut

Daun kemangi dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah bau mulut yang tidak sedap. Hal ini karena wangi khas dari daun kemangi yang mengandung minyak atsiri. Sehingga daun kemangi cocok dikonsumsi untuk orang yang memiliki masalah bau mulut. Untuk mengkonsumsinya, kamu bisa dengan mengunyah daun kemangi tersebut secara langsung. Cara ini dapat menghilangkan kuman penyebab masalah bau mulut. Jika kamu tidak kuat dengan rasanya yang aneh, kamu juga bisa mencampurnya dengan madu. Dengan cara campurkan madu kedalam air rebusan daun kemangi tersebut.

  • Manfaat daun kemangi untuk mencegah peradangan

Daun kemangi juga dipercaya bermanfaat dapat membantu mencegah peradangan. Hal ini karena kandungan anti inflamasi yang ada di dalam daun kemangi. Kandungan itulah yang akan meredakan peradangan dalam tubuh. Selain itu dengan mengkonsumsi daun kemangi secara rutin juga bisa meredakan berbagai jenis penyakit.

  • Manfaat daun kemangi untuk menyehatkan pencernaan

kandungan zat eugenol yang ada di dalam daun kemangi mampu memberikan efek antiinflamasi pada organ pencernaan. Sehingga daun kemangi dapat membantu kerja pencernaan menjadi lebih bagus. Bahkan daun kemangi juga mampu mencegah gejala akibat luka yang terjadi di lambung. Selain itu kemangi juga mampu untuk membantu menurunkan kadar asam lambung.

  • Manfaat daun kemangi untuk menyehatkan organ reproduksi 

Daun kemangi juga bisa bermanfaat untuk menyehatkan organ reproduksi, baik pria maupun wanita. Untuk pria, daun kemangi dapat membantu memperkuat sperma dan mencegah terjadinya kemandulan. Hal ini dikarenakan kandungan senyawa arginine yang ada di dalam daun kemangi. Sedangkan untuk wanita, daun kemangi dapat bermanfaat untuk menyehatkan organ reproduksi. Hal ini karena kandungan senyawa arginine yang ada di dalam daun kemangi tersebut. Yang nantinya akan merangsang pelepasan hormon pertumbuhan pada uterus. Sehingga mengkonsumsi daun kemangi cocok untuk para ibu yang sedang mengikuti program hamil. 

  • Manfaat daun kemangi untuk mengontrol minyak di wajah

Selain untuk kesehatan daun kemangi juga dapat bermanfaat untuk kecantikan wajah. Daun kemangi dipercaya dapat dimanfaatkan sebagai obat jerawat dan pengontrol minyak berlebih. Hal ini karena daun kemangi mengandung antioksidan dan antibakteri yang dapat menjaga wajah tetap bersih. Bahkan daun kemangi dapat digunakan untuk membuat wajah glowing dan mengecilkan pori-pori. Untuk menggunakannya, cukup campurkan daun kemangi, air mawar dan pasta cendana dan haluskan. Kemudian oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih.