INILAH MANFAAT DAUN KUMIS KUCING SEBAGAI OBAT HERBAL 

INILAH MANFAAT DAUN KUMIS KUCING SEBAGAI OBAT HERBAL 

INILAH MANFAAT DAUN KUMIS KUCING SEBAGAI OBAT HERBAL 

Tanaman kumis kucing merupakan salah satu tanaman hias yang biasanya tumbuh di pekarangan rumah. Bahkan tanaman kumis kucing juga dapat tumbuh secara liar di berbagai tempat. Tanaman ini memiliki mahkota bunga yang bertumbuk dengan benang sari yang panjang. Tanaman tersebut dinamakan kumis kucing karena memiliki benang sari panjang berwarna putih seperti kumis seekor kucing. Selain banyak digunakan sebagai tanaman hias, kumis kucing juga digunakan sebagai obat herbal. Sebab kumis kucing dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan kumis kucing mengandung minyak atsiri, saponin, garam kalium dan saponin di dalamnya. Sehingga kandungan tersebut yang membuat kumis kucing menjadi obat herbal untuk mengatasi beberapa jenis penyakit. 

Kumis kucing memiliki sifat antihipertensi dan anti inflamasi, sehingga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Tak heran jika banyak orang yang mencari tanaman ini untuk dijadikan sebagai obat alami. Berikut ini ada beberapa manfaat dari daun kumis kucing yang harus anda ketahui. Adapun beberapa manfaat tersebut diantaranya:

  • Manfaat daun kumis kucing untuk obat asam urat

Daun kumis kucing memiliki kandungan senyawa yang mampu mengendalikan kerja enzim xantin oksidase. Enzim tersebut berperan dalam produksi asam urat, sehingga mengkonsumsi daun kumis kucing dapat menjadi solusi mengatasinya. Sebab daun kumis kucing dipercaya mampu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. 

  • Manfaat daun kumis kucing untuk obat penurun tekanan darah tinggi

Daun kumis kucing juga sangat cocok dikonsumsi oleh seseorang yang menderita hipertensi. Sebab daun kumis kucing mengandung flavonoid yang berfungsi menurunkan tekanan darah. bahkan bisa meningkatkan sistem daya tahan tubuh dan memperbaiki mood. Sehingga daun kumis kucing bisa dimanfaatkan sebagai salah satu obat darah tinggi.

  • Manfaat daun kumis kucing untuk mengobati batu ginjal

Daun kumis kucing juga bisa digunakan untuk mengobati seseorang yang mengalami gangguan ginjal. Hal ini dikarenakan kandungan yang dimiliki oleh daun kumis kucing tersebut. Untuk menggunakannya, kamu cukup dengan meminum air rebusan tanaman kumis kucing tersebut. Ataupun kamu juga bisa dengan mengeringkan terlebih dahulu daun kumis kucing tersebut. Kemudian jika sudah kering kamu tinggal menyeduhnya dengan air panas seperti menyeduh teh. 

  • Manfaat daun kumis kucing untuk meredakan batuk

Selain meredakan penyakit yang berat, kumis kucing juga dapat bermanfaat untuk meredakan penyakit ringan seperti batuk. Hal ini karena daun kumis kucing mengandung zat anti bakteri di dalamnya. Sehingga mampu membunuh kuman di tenggorokan akan meringankan batuk. Selain batuk, daun kumis kucing juga bisa mengatasi berbagai penyakit yang menyerang saluran pernapasan lainnya. 

  • Manfaat daun kumis kucing untuk mengatasi gejala rematik

Manfaat dari mengkonsumsi daun kumis kucing lainnya yaitu untuk mengatasi rematik. Rematik merupakan salah satu penyakit yang terjadi pada bagian otot atau persendian. Hal ini biasanya terjadi karena mengalami peradangan dan pembengkakan. Untuk menjadikan daun kumis kucing menjadi obat rematik. Kamu cukup dengan merebus beberapa lembar daun kumis tersebut dengan air. Lalu tinggal minum air rebusan tersebut sebanyak tiga kali sehari.

  • Manfaat daun kumis kucing untuk mengobati gusi bengkak dan berdarah

Daun kumis kucing juga bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk masalah gusi bengkak dan berdarah. Sehingga mengkonsumsi daun kumis kucing cocok untuk seseorang yang memiliki gusi atau gigi yang sensitif.