Pengertian, Fungsi dan Manfaat Asuransi Secara Umum

Kesehatan merupakan hal yang sangat didambakan oleh semua manusia di dunia baik secara fisik maupun psikis, ada beberapa orang yang amat memperhatikan kesehatannya baik untuk jangka pendek hingga memikirkannya untuk jangka panjang yang entah kapan kesehatan itu akan terganggu. Adapun orang-orang yang terlalu cuek dengan kesehatannya dengan tidak memikirkan entah apa yang akan terjadi padanya untuk jangka panjang bahkan memikirkan kesehatannya dalam jangka pendeknya pun tidak. Tak hanya kesehatan jangka pendek dan jangka panjang banyak orang yang tidak memikirkan suatu saat hal yang tidak diinginkan bisa terjadi padanya seperti kecelakaan, tentunya tidak ada yang bisa memprediksi hal tersebut kapan bisa menimpa dirinya. Kecelakaan memang adalah hal yang menakutkan, bahkan terlalu mengerikan jika dibayangkan dan korban dari kecelakaan pun memiliki 3 kemungkinan, yaitu selamat, terluka atau cacat, dan hal yang ketiga adalah hal yang tidak seorang pun menginginkannya karena korban meninggalkan keluarganya.

 

Bukan hanya kesehatan yang bisa menimpa kita kapan saja dan dimana saja tapi juga banyak hal buruk yang menimpa selain kesehatan, contoh lain hal buruk yang dapat menimpa aset yang kita miliki seperti kendaraan. Ada asuransi yang menanggulangi tentang kerugian terhadap aset yang kita miliki, misal mobil yang kita miliki mengalami kecelakaan dan rusak parah maka sebelum musibah itu terjadi maka mobil yang kita miliki perlu Anda daftarkan asuransi untuk memulihkan kendaraan Anda akibat kecelakaan tadi.

 

Dengan segala hal buruk yang mungkin akan menimpa kita baik dalam waktu dekat ataupun tidak seperti contoh yang diatas terjadi tanpa kita ketahui maka sangat perlu sesuatu yang dapat menangani hal tersebut terjadi atau membantu keluarga korban yang tertimpa musibah tersebut. Asuransi banyak membantu penanganan hal-hal buruk yang terjadi dan hal yang tak terduga yang dapat menimpa kita suatu saat. Asuransi sendiri memiliki arti perjanjian antara pihak yang mengajukan asuransi atau tertanggung yaitu nasabah dan pihak perusahaan penyedia jasa asuransi atau juga disebut dengan pihak penanggung dengan beberapa syarat yang diajukan dari pihak perusahaan penyedia jasa asuransi tersebut. Asuransi pun memiliki banyak jenis, yaitu asuransi untuk kendaraan anda yang mengalami kerusakan, asuransi kesehatan untuk menangani perawatan ketika pihak nasabah sakit dan perlu penanganan dari pihak rumah sakit atau dokter, asuransi jiwa apabila orang yang diasuransikan mengalami kematian alami maka keluarganya akan menerima klaim bayaran sejumlah nilai yang diasuransikan, dan adapun asuransi yang sering terdaftar dan pihak yang mendaftar adalah sebuah perusahaan untuk mendaftarkan karyawannya, asuransi ini berguna untuk sewaktu-waktu jika karyawan pada perusahaan tersebut saat proses produksi mengalami kecelakaan maka pihak perusaahaan perlu mengasuransikan karyawannya apalagi jika perusahaan tersebut bergerak dibidang produksi barang elektronik dan otomotif.

sumber : lifepal.co.id

Adapun alasan kenapa kita perlu mengasuransikan diri kita yaitu untuk memberikan jaminan keamanan secara finansial untuk diri kita ataupun keluarga kita dan menciptakan ketenangan dalam diri kita. Dalam asuransi jiwa keluarga akan menerima sejumlah uang jika salah satu dari anggota keluarganya mengalami kematian dan perlu melakukan klaim agar dapat menerima polis, namun ada beberapa hal yang tidak ditanggung asuransi jiwa ini yaitu jika orang yang sudah meninggal melakukan bunuh diri atau melukai dirinya sendiri maka pihak perusahaan penyedia jasa asuransi tidak dapat menanggungnya karena hal tersebut terjadi secara sengaja atau tidak alami. Orang tua pun dapat mendaftarkan anaknya asuransi, ataupun mendaftarkan anggota keluargan lainnya ke perusahaan asuransi. Asuransi yang cocok kita daftarkan untuk keluarga ialah asuransi kesehatan asuransi kesehatan ini menanggung biaya rawat inap, rawat jalan, dan ambulans darurat. Saat dimana situasi finansial keluarga sedang mengalami kesulitan yang tidak diduga maka paket asuransi kesehatan setidaknya dapat membantu keluarga anda ketika sakit, perawatan medis yang sering kita jumpai memang sangat mahal dan bahkan menjadi beban keluarga maka asuransi pun dapat meringankan beban kita, adapun keluarga kita yang sakit akan lebih banyak mendapatkan perawatan medis dibandingkan dengan yang tidak didaftarkan asuransi ke pihak perusahaan asuransi.

 

Maka dilihat dari banyaknya kasus di atas, asuransi diperlukan untuk melindungi keluarga kita ataupun diri kita sendiri dari hal-hal buruk yang bisa datang tanpa kita bisa duga. Asuransi memiliki banyak fungsi dari fungsi asuransi secara umum bahkan asuransi pun memiliki fungsi secara khusus.

 

Fungsi utama asuransi secara umum adalah untuk menghindari resiko dari sisi finansial karena hal buruk tertentu akibat suatu kejadian yang tidak terduga. Asuransi itu sendiri seperti tabungan jangka panjang yang dapat digunakan saat sebuah hal buruk menimpa kita nantinya. Fungsi utama asuransi secara umum itu sendiri dikategorikan menjadi 2 yaitu fungsi asuransi primer dan fungsi sekunder asuransi. Fungsi primer asuransi memiliki 3 fungsi utama yaitu sebagai pengalihan resiko, penghimpun dana, dan yang terakhir sebagai premi seimbang. Adapun fungsi sekunder asuransi jika fungsi primer asuransi lebih kepada kebermanfaatan untuk pihak tertanggung dan pihak penanggung beda dengan fungsi sekunder asuransi yang bermanfaat juga untuk masyarakat, karena ekspor secara tidak langsung dan ecara tidak langsung dapat memperbaiki dan merangsang pertumbuhan ekonomi pada suatu negara.

 

Selain fungsi asuransi secara umum, asuransi juga memiliki fungsi secara khusus jadi hanya orang yang mendaftarkan dirinya atau anggota keluarganya saja yang akan mendapatkan beberapa pelayanan yang telah disediakan dari pihak penyedia jasa asuransi itu sendiri tentunya sesuai asuransi yang dipilih. Beberapa fungsi asuransi secara khusus yaitu fungsi yang terdapat pada asuransi jiwa jika suatu saat salah satu anggota keluarga kita ada yang meninggal maka pihak keluarga yang ditinggal kan akan mendapatkan uang dari pihak asuransi, kegunaan asuransi kesehatan jika kita mendaftarkan diri pada pihak penyedia asuransi, orang tua yang mendaftarkan anaknya asuransi pendidikan untuk terjaminnya pendidikan bagi putra dan putri untuk jangka panjang, dan gunanya jika kita mendaftarkan asuransi untuk aset yang kita punya ke asuransi kerugian pada perusahaan penyedia jasa asuransi agar meminimalkan kerugian yang didapat karena kerusakan aset seperti mobil dan lain-lainnya. Itulah peengertian, fungsi dan manfaat asuransi yang bisa kami berikan, semuga bisa dapat membantu Anda dalam mencari informasi, terima kasih.